Tags

Menghadapi kemajuan dan perkembangan zaman, kini dunia  sudah memasuki era robotika. Sebuah teknologi yang kini sedang berkembang pesat di seluruh belahan dunia dengan menciptakan prototype manusia yang dulu hanya dapat kita lihat hanya dalam film-film robot saja. Bagi negara maju, ilmu untuk menciptakan robot sudah berkembang. Maka dari itu, Indonesia sebagai negara berkembang juga tidak ingin ketinggalan untuk menjajaki ilmu robotika.

Menurut Ketua Asosiasi Robotika Indonesia, Dr Ir Wahidin Wahab MSc. PhD mengatakan bahwa Indonesia pun berencana dan berusaha untuk memasukkan pelajaran menciptakan robot ke dalam kurikulum sekolah di seluruh Indonesia. “Dengan teknologi itu, kita dapat mencerdaskan dan memajukan bangsa ke arah yang lebih modern dan baik”, ujarnya. Saat ini, robot diciptakan untuk membantu aktifitas manusia.

Ada beragam robot yang telah dibuat dari robot-robot yang digunakan manusia di pabrik hingga robot prototype manusia yang disebut robot humanoid. Robot humanoid bahkan sudah digunakan sebagai media belajar mengajar di beberapa sekolah di Indonesia, terutama untuk terapi anak-anak dengan autisme.

Saat ini, ilmu robot juga bisa dipelajari anak-anak. Mereka yang sudah memasuki usia sekolah TK hingga SD semakin gemar belajar di World Robotic Explorer (Rumah Robot), Thamrin City, Jakarta. Tercatat sudah ada 100 orang yang menjadi member Rumah Robot ini.

“Robot tidak hanya bisa dibuat orang dewasa, anak-anak mulai dari sekolah TK sudah bisa merakitnya dengan menggunakan perangkat mainan. Asalkan ada kemauan dan kreativitas, mereka pasti dapat membuatnya,” ujar Jully Tjindrawan pendiri Rumah Robot.

Selain itu, anak kecil pun dinilai sangat berbakat membuat robot, terbukti dari banyaknya anak Indonesia yang telah menjuarai kontes robot Internasional. Melalui Rumah Robot dan Asosiasi Robotika Indonesia, ilmu robotika akan makin dikembangkan. Selain itu, untuk lebih memperkenalkan Indonesia dalam kancah robot Internasional, Rumah Robot yang memiliki slogan ‘Untukmu Indonesiaku’ ini sedang merencanakan kontes robot internasional yang akan diadakan tahun depan di Bali.