Tags

Kali ini kita akan praktek untuk instalasi software 3D yaitu SolidWorks dan Webots. Kita bisa mendapatkan SolidWorks versi trial selama 5 bulan di link http://www.solidworks.com/sw/education/real-jobs.htm. Proses instalasi sangat mudah seperti proses intalasi software lainnya. Pada link di atas juga diberikan kode aktivasi untuk versi trial ini.

Untuk software Webots, saya mempunyai lisensi resmi berupa dongle yang harus ditancapkan pada port USB laptop agar software Webots itu bisa digunakan. Namun, bagi kita yang tidak mempunyai dongle tersebut, kita bisa memanfaatkan Webots full version selama 30 hari saja. Kita bisa menuju link http://www.cyberbotics.com/registration/webots/trial/ untuk mendapatkan full version selama 30 hari tersebut. Sama halnya software SolidWorks, proses instalasi software Webots ini sama dengan proses instalasi software lainnya.

Proses instalasi software SolidWorks cukup memakan waktu lama dan membutuhkan resource memori dan harddisk yang cukup banyak. Sedangkan software Webots cukup ringan dan tidak membutuhkan resource sebanyak software SolidWorks. Namun kedua software ini membutuhkan Graphic Cards dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Proses instalasi ini kira-kira membutuhkan waktu 3 jam.

Belajar Robotika itu sangat luas. Belajar robotika mempunyai  5 bagian penting,

  • mendesain kerangka robot,
  • merealisasikan kerangka robot,
  • mendesain rangkaian elektronik,
  • mendesain kontrol robot,
  • merealisasikan robot.

Pada pembahasan belajar robotika ini, kita tidak belajar merealisasikan dalam bentuk hardware. Belajar robotika ini cukup menggunakan software.

Berikut penggunaan software untuk belajar robotika.

  1. Proses desain robotika, kita akan belajar menggunakan software SolidWorks untuk mendesain detil kerangka robot secara 3D.
  2. Proses realisasi kerangka robot menggunakan software Webots. Meskipun tidak bisa sedetail desain di SolidWorks, namun Webots bisa mengakomodasi semua keperluan desain robot.
  3. Proses desain rangkaian elektronik menggunakan software Proteus untuk memudahkan animasi arus rangkaian.
  4. Proses desain kontrol robot melalui bahasa pemrograman C pada Webots.
  5. Dan proses realisasi robot juga menggunakan Webots untuk menampilkan gerak respon dari sistem kontrol yang sudah didesain.

Jadi ada 4 topik bahasan penting untuk mengakomodasi itu semua.

  1. Embedded system robotics
  2. Mobile robot design
  3. Kinematics dan trajectory system
  4. Mobile robot applications

4 topik pembahasan tersebut akan disampaikan melalui 14 pembahasan secara Teori, dan juga disampaikan melalui 14 pembahasan secara Praktek. Teknik Elektro Ubaya sendiri menghadirkan mata kuliah robotika dengan 4 SKS, dimana 3 SKS yang setara dengan 165 menit untuk pembahasan teori, dan 1 SKS setara dengan 165 menit juga untuk pembahasan praktek atau kerja laboratorium.