Tags

Kegiatan Olimpiade SainsTerapan Tingkat Nasional (OSTN) merupakan media untuk mengapresiasi kemampuan siswa SMK dalam bidang sains terapan yang sangat berguna bagi mereka untuk beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan perkembangan ekonomi yang sangat cepat. Selain itu, OSTN juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk memotivasi semangat belajar siswa dibidang sains sehingga dapat menjadi calon pekerja yang cerdas, adaptif, dan kreatif.
Siswa SMK selain dibekali kemampuan produktif sesuai dengan program keahlian yang diikuti, juga dibekali ilmu matematika, fisika, kimia dan biologi Materi tersebut umumnya sudah dipelajari sejak masih duduk di SMP, MTS. Dalam perkembangan selanjutnya, mata pelajaran matematika dan sains tersebut lebih lekat dengan siswa SMA, sehingga terkesan siswa SMK tidak lagi membutuhkan matematika dan sains


Fakta tersebut telah menggugah kesadaran dari Pemerintah dalam hal ini Direktorat Pembinan SMK untuk segera merevitalisasi pengajaran sains dan matematika di SMK untuk meningkatkan mutu dan daya saing lulusan SMK. Matematika dan sains adalah dua jenis mata pelajaran yang menjadi dasar bagi perkembangan kecerdasan anak. Itu sebabnya disisi lain penting untuk menunjang ketrampilan kerja, sisi lainnya untuk lebih mencerdaskan siswa SMK.
Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) ini merupakan bagian upaya pemerintah melalui Direktort Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan untuk mendorong dan merangsang siswa kejuruan untuk dapat berinovasi, berkreasi, dan memiliki keunggulan akademis yang dapat membuat mereka menjadi sumberdaya manusia unggul.
OSTN Tingkat PropinsiJawa Tengah ke IV yang diadakan di Fakultas MIPA Undip Semarang dan melombakan bidang matematika teknologi, matematika non teknologi, fisika terapan, kimia terapan, biologi terapan, ICTdanKIS.

Kisi-kisi OSTN 2011 dapat di download disini.

Advertisements