Tags

Melanjutkan Postingan beberapa waktu yang lalu yaitu mengenal Visual Basic 6.0. Kali ini kita akan mengenal Kontrol dalam Visual Basic. Kontrol adalah suatu komponen atau objek yang diletakkan dalam form. Setiap control adalah bagian yang berdiri sendiri tetapi saling berhubungan satu sama lain sehingga membentuk program aplikasi. Kontrol merupakan bagian terpenting program Visula Basic yang berfungsi untuk menyusun sebuah program aplikasi.

Contoh dari control Visual Basic adalah Text Box, Rectangle, Command Button dan beberapa control lain yang dapat ditempatkan pada form untuk menampilkan data, menjalankan suatu aksi atau membuat sebuah form lebih mudah untuk dibaca.

Anda harus mengetahui cara membuat, memanipulasi, member property dan sebagainya. Semua control akan diletakkan pada sebuah objek induk (parent object) yang dalam hal ini adalah object form. Form inilah yang nantinya akan menjadi placeholder atau tempat meletakkan semua control.

Mengenal Jenis Kontrol

  • Kontrol Intrinsic, Contohnya Command Button dan Frame. Kontrol-kontrol tersebut terdapat di dalam Vusial Basic. Kontrol ini selalu berada di dalam jendela toolbox, tidak seperti control ActiveX dan objek-objek tambahan lain yang dapat ditambahkan dan dihapus dari bagian toolbox.
  • Kontrol ActiveX, merupakan control aktif sebagai file terpisah dengan ekstensi .OCX . yang termasuk dalam control ActiveX adalah control-kontrol yang tersedia dalam semua versi Visual Basic. Contohnya DataCombo dan DataList serta control-kontrol yang tersedia dalam versi Profesional Edition dan Enterprise Edition seperti ListView, Toolbar, Animation dan Tabbed Dialog.
  • Objek Sisipan, contohnya Microsoft Excel Worksheet yang berisi daftar pegawai suatu perusahaan atau Microsoft Project Calender yang berisi informasi jadwal sebuah projek. Beberpa objek tersebut juga mendukung kerja aplikasi yang anda buat sehingga disebut OLE Automation dan mengijinkan anda untuk membuat program aplikasi lain dengan Visual Basic.