Tags

Daftar isi adalah sebuah fasilitas dalam buku untuk mengetahui keseluruhan isi sebuah dokumen atau buku tersebut. Biasanya, daftar isi terletak di halaman paling depan dan merupakan bagian penting dalam sebuah dokumen sehingga tanpa daftar isi, buku atau dokumen tersebut seolah-olah menjadi “tak bermata”.

Banyak yang masih belum mengetahui bagaimana teknik yang mudah sekaligus cepat dalam membuat sebuah daftar isi. Biasanya, orang-orang awam lebih memilih teknik manual dengan cara mengetik ulang kalimat yang akan dijadikan daftar isi tersebut sehingga memakan waktu yang cukup lama dan mungkin membosankan.

Oleh karena itu, untuk menghemat waktu dan tenaga, anda dapat menggunakan teknik yang lebih praktis dalam pembuatan daftar isi. Anda hanya perlumelakukan beberapa langkah saja. Setelah anda selesai membuat dokumen, pilihlah kalimat atau kata yang akan dijadika daftar isi dengan menggunakan Heading. Anda dapat menggunakan Heading 1 untuk Bab dan Heading 2 untuk Subbab. Sebaiknya, setiap Bab menggunakan menggunakan Heading 1 dan setiap Subbab menggunakan Heading 2. Begitu seterusnya.

Anda juga dapat melakukannya dengan cara lain, misalnya dengan memilih bagian-bagian tertentu dalam dokumen untuk dijadikan daftar isi menggunakan Heading secara satu per satu setelah anda selesai membuat seluruh naskah anda. Setelah itu, anda tinggal melakukan dua pekerjaan sekaligus yaitu membuat Heading dan sekaligus mengatur kembali dokumen anda.

Setelah anda memilih bagian-bagian yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi, kliklah tab menu Reference –> Table of Contents –> Insert Table of Contents

Perhatikan contoh yang ditampilkan dalam Print Priview dan Web Priview. Pada bagian Tab Leader, anda dapat mengganti titik-titik dengan garis lurus dan garis putus-putus

Mengganti Tab Leader

Saat membuat daftar isi, anda akan berkenalan dengan istilah Tab Leader. Istilah ini mengacu pada bagian dalam daftar isi yang yang menggabungkan judul bab, subbab dan subsubbab dengan nomor halaman. Biasanya Tab Leader, ini berbentuk titik-titik seperti contoh berikut :

Bab 1     Pendahuluan …………………………………………. 1

Bab 2     Memahami Aplikasi Pengolah Kata …………. 2

Demikian tip’s sederhana ini, mudah-mudahan bermanfaat.