Tags

Info yang akan share ini mungkin sudah sangat terlambat, tapi pada intinya ada sebuah pengalaman yang akan saya bagi untuk teman-teman guru yang akan mengikuti kegiatan yang serupa untuk tahun depan. Pada beberapa waktu yang lalu saya mengikuti kegiatan Lomba Pengayaan Sumber Belajar Berbasis Web di BPTIK Semarang. Saya berangkat mewakili SMKN 1 Purwokerto, dalam memanfaatkan web, elearning dan elibrary untuk kegiatan pembelajaran. Dari Kabupaten Banyumas, ada 2 sekolah yang berangkat yaitu saya sendiri dan P. Widi yang mewakili SMKN 2 Banyumas.

Dalam kegiatan lomba yang berlangsung selama 2 hari itu, masing-masing peserta mempresentasikan Web sekolah mereka. Bagaimana penataan kontennya, desain dan layout serta sampai sejauh mana pemanfaatannya untuk pembelajaran adalah kriteria-kriteria yang diperlombakan. Kegiatan LPSB berbasis Web ini di bagi menjadi 2 kategori, yaitu untuk jenjang dikdas dan jenjang dikmen.

Dalam kegiatan tersebut, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan. Dari mulai bagaimana mengelola web sekolah yang baik sampai dengan bagaiamana memacu guru dan siswa untuk memanfaatkan elearning dan sumber belajar yang  bertebaran di internet. Sharing antar peserta lomba ini benar-benar sangat besar manfaatnya. Oh ya, untuk hasil lombanya sendiri bagaimana ? Meskipun belum menjadi yang terbaik, hasil yang diperoleh ini, mudah-mudahan memacu semangat saya untuk terus berbenah. Hasil lomba dapat dilihat http://lomba.bptikp-jateng.net/ untuk kategori LPSB berbasis Web jenjang Dikmen. Sampai bertemu lagi untuk kegiatan lomba tahun depan.